Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi


Kamar mandi adalah bagian rumah yang paling sering tidak diperhatikan dibandingkan dengan ruangan lainnya di dalam rumah. Akibatnya, keramik kamar mandi menjadi lebih mudah berjamur dan berlumut. Adanya sisa-sisa lapisan sabun dan air yang tertinggal akan menimbulkan jamur/kerak, baik itu pada lantai keramik, dinding keramik, bahkan hingga kloset kamar mandi. Noda kerak dan jamur yang membandel, penumpukan kotoran sedikit demi sedikit plus Kandungan Kapur dalam air. Jika kandungan kapur dalam air terlalu tinggi, dinding kamar mandi menjadi cepat kusam warna dan terkesan jorok. Warna Lantai keramik, dinding keramik juga akan terkesan kurang nyaman di lihat. Kerak yang timbul ini mengurangi kilau dan keindahan pada keramik, ini sungguh membuat ruangan kamar mandi tampak menjijikkan dan sangat kotor. Membersihkan dinding keramik, lantai keramik dan kloset dengan air dan sabun biasa saja tidaklah cukup.

Keramik yang berjamur ini tentu akan memperburuk keadaan kamar mandi kita dan memuatnya tampak horor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sering-sering membersihkan kamar mandi supaya keramik tidak cepat ditumuhi jamur. Cara yang paling umum dilakukan untuk membersihkan kamar mandi adalah dengan menyikatnya minimal dua kali dalam satu minggu. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan jamur atau kerak pada kamar mandi. Namun, apabila kamar mandi sudah terlanjur lumutan, Anda harus melakukan perawatan ekstra. Simak informasi mengenai cara menghilangkan jamur yang tumbuh di lantai kamar mandi berikut ini.
Perlu diketahui bahwa lumut kamar mandi cepat sekali tumbuh di tempat-tempat lembab, dingin dan tidak pernah terkena sinar matahari. Di ruangan lembab semacam kamar mandi, lumut bisa tumbuh di lantai dan dinding. tentu saja ini membahayakan kalau tidak segera dibersihkan. Sebab bisa menyebabkan lantai licin dan membahayakan pemilik rumah. 


Sedangkan untuk permasalahan kerak membandel di keramik kamar mandi anda, hal ini biasanya sangat susah sekali dihilangkan sehingga sangat melelahkan dan membutuhkan tenaga ekstra ketika kita akan menginginkannya bersih seperti baru lagi. Apalagi pada kamar mandi yang telah lama tidak dipakai karena keadaan rumah yang ditinggal sangat lama oleh penghuninya. Perlu kita tahu bahwa keramik pada kamar mandi berbeda halnya dengan keramik yang terdapat di teras atau ruangan, keramik yang terdapat di kamar mandi justru setiap harinya selalu terkena guyuran air, yang mana air tersebut mengandung bekas sabun dan kotoran, sehingga dengan begitu lama kelamaan kotoran tersebut akan tertimbun dan berubah menjadi kerak. Bahkan kerak yang menempel tersebut akan susah dihilangkan. Sehingga sisa-sisa sabun, jamur, lumut ikut mengeras di lantai kamar mandi. Jadi agar tidak terjadi kerak di lantai kamar mandi memang seharusnya dibersihkan rutin dua kali seminggu. Selain agar kamar mandi tetap bersih, hal ini juga dapat menghindari lantai licin yang mengganggu, juga membuat kamar mandi Anda  bebas kuman sehingga nyaman digunakan. Hindari pemutih klorin dan cuka untuk membersihkan lantai kamar mandi karena keduanya bisa merusak nat lantai kalau Anda tidak membilasnya dengan air secara sempurna.

Saat ini, sudah banyak tersedia produk pembersih yang dapat langsung diaplikasikan. Produk pembersih itu telah diformulasikan untuk mengangkat kerak sabun, kerak kapur dan kotoran lain yang ada pada keramik. Aplikatornya pun semakin mudah, karena anda tidak perlu repot-repot untuk membuat cairanpembersih.


Pilihlah produk pembersih yang aman untuk kesehatan. Banyak produk pembersih yang ampuh untuk membersihkan kerak, tetapi bahan yang digunakan biasanya dapat menimbulkan gatal-gatal, panas pada kulit. Tentu saja bau yang ditimbulkan sedikit menyengat. Jadi anda perlu menggunakan sarung tangan untuk membersihkannya. Anda juga bisa memilih produk pembersih yang ampuh dan aman untuk kesehatan keluarga, tentu saja tidak menimbulkan bau yang menyengat. Cara penggunaan: tuangkan cairan pembersih lantai pada bagian toilet yang berkerak, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk memberikan waktu untuk bekerja. Setelah itu, gosok menggunakan sikat sehingga memudahkan Anda dalam menggosok untuk menghilangkan kerak dan jamur. Mungkin agak sedikit ditekan waktu menggosok, agar jamur yang menempel bisa dibersihkan. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.
Sekarang anda bisa mendapatkan produk pembersih kerak di Supermarket atau toko online.




Komentar

  1. thanks gan artikelnya sangat membantu, ternyata cara tersebut juga bisa di terapkan pada pintu kamar mandi aluminium

    BalasHapus
  2. Jamur keramik saya kuas pakai obat pemberaih topron kok putihnya malah tambah merata,, mohon solusinyaa... Mksih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur