Akibat Toilet Kotor


Toilet adalah salah satu ruangan yang rawan menjadi sarang kuman, terlebih lagi jika bersipat umum dan jarang dibersihkan. Meskipun terlihat bersih , toilet umum masih menyimpan kuman sumber penyakit yang tersembunyi karena digunakan oleh banyak orang. Fenomena toilet kotor sudah menjadi hal biasa yang bisa kita lihat dimana-mana. Toilet kotor sering kita lihat di pasar tradisional, pom bensin, sekolah, kampus, mall atau bahkan di rumah kita sendiri. Toilet yang seharusnya selalu dalam kondisi bersih dan segar kini banyak yang terkontaminasi akibat penggunaan yang kurang benar, misalnya tidak menyiram air setelah buang air, buang tisu/sampah sembarangan di dalam toilet, bau asap rokok yang membuat pengap, banyaknya serangga atau hewan lainnya yang memenuhi toilet sehingga semua ini menyebabkan bau tak sedap yang sungguh membuat penggunanya tidak nyaman dan memilih untuk tidak menggunakan toilet ini, kecuali terpaksa.
Taukah anda , toilet yang kotor bisa menjadi sarana penyebaran penyakit menular. Tapi anda tidak perlu khawatir, hanya duduk di toilet tidak akan membuat kamu langsung sakit , kecuali jika kamu memiliki luka yang terbuka. Namun ada beberapa penyakit seperti hepatitis A yang dapat menyebar dengan mudah , bahakan hanya melalui gagang pintu.

Nah karena itu , cucilah tangan anda dengan sabun sampai bersih setiap kali anda menggunakan kamar mandi. Jika harus menggunakan wc umum , sebaiknya pilihlah kamar mandi yang bersih. Walau kadang terlihat bersih, toilet atau kamar mandi bisa menjadi sumber kuman penyebab penyakit, khususnya yang menyerang pencernaan. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk membersihkan kamar mandi toilet secara menyeluruh, termasuk wastafel. Jangan sampai tempat untuk membersihkan diri dari kuman justru menjadi sarang penyakit yang dapat menganggu kesehatan keluarga Anda. Tahukah Anda bahwa penyakit yang ditimbulkan dari toilet yang kotor bisa berasal dari bakteri atau kuman yang menempel di dalamnya? Bukan hanya menimbulkan penyakit, bahkan toilet kotor ini juga bisa menyebabkan kematian. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh toilet kotor :



Baca Juga :

Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum menyebar lewat toilet yang kotor. Gejalanya yaitu demam , mual , dan kram perut
Penyakit ini biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi. Juga dapat menyebar lewat berbagai fasilitas yang ada didalam toilet seperti gagang pintu , gayung atau ember umum.

Infeksi E-coli
Adapun salah satu virus menakutkan yang dapat menyebar akibat toilet kotor , bakteri E-Coli adalah salah satunya.
Infeksi ini dapat menyebabkan tinja berdarah, kram perut , dan mual muntah. Penderita membutuhkan waktu satu minggu untuk bisa pulih dari infeksi. Gagang pintu adalah area yang paling sering jadi sarang kateri E-Coli.

Infeksi Streptococcus
Infeksi Streptococcus adalah salah satu infeksi yang dapat menyebar dari penggunaan toilet kotor. Infeksi tersebut dapat menyebabkan radang tenggorokan, scarlet fever, dan infeksi kulit.

Kebersihan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Bersikan secara rutin toilet kamar mandi Anda 1 minggu 2 kali. Pilihlah pembersih kamar mandi yang aman untuk kesehatan keluarga. Wisklin salah satu pembersih kamar mandi yang aman dan ampuh membersihkan kerak dan jamur kamar mandi anda. Info selengkapnya KLIK DISINI.



Baca Juga :
-         Cara Mengatasi Toilet Mampet
-         Jenis Alergi Pada Anak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur