Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur


Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur
Berbicara mengenai jenis- jenis tanaman, tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sering dicari orang. Selain karena bentuknya yang menarik, setiap tanaman hias memiliki keunikannya sendiri. Seperti namanya, tanaman hias berfungsi sebagai penghias rumah seperti penghias ruangan ataupun kebun dan taman, tak jarang juga orang memanfaatkan tanaman hias sebagai bahan untuk dekorasi berbagai macam acara seperti acara ulang tahun, acara pernikahan dan masih banyak lagi.

Tanaman di halaman rumah membuat udara sekitar rumah menjadi lebih segar, selain dapat memberikan manfaat memberikan udara segar dan sehat, adanya tanaman juga membuat tampilan rumah semakin indah dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, tanaman dapat berkembang dengan baik. 

Dan bagi anda pemilik tanaman hias, agar tanaman hias yang anda miliki tetap terjaga keindahannya anda juga perlu melakukan perawatan khusus. Perawatan pada tanaman hias berbeda dengan perawatan yang anda lakukan pada tanaman biasa ataupun tanaman jenis sayur pada umumnya. Merawat tanaman hias sebenarnya bisa terbilang mudah, anda hanya perlu memperhatikan kondisi tanaman dengan baik dan tekun dalam merawatnya.

Bagaimana cara merawat tanaman hias agar tumbuh subur? Untuk anda yang masih bingung dengan perawatan tanaman hias, berikut adalah cara merawat tanaman hias yang sudah kami ulas dengan lebih sederhana agar anda dapat dengan mudah mengikutinya. Lakukanlah cara- cara berikut dengan benar agar tanaman hias anda tetap tumbuh dan terawatt dengan baik.


Penyiraman
Setiap pot selalu mempunyai lubang di bagian bawahnya. Fungsi lubang tersebut adalah sebagai saluran air keluar sehingga media tanam pun tidak tergenangi air. Pada saat Anda akan menyiram tanaman, usahakan supaya air yang Anda berikan sudah mencukupi kebutuhan tanaman. Tandanya ialah air tersebut sudah keluar dari lubang pot. Penyiraman pada tanaman hias berbeda dengan jika anda menyiram tanaman jenis lainnya. Perlu anda ketahui juga bahwa tanaman hias ini lebih cenderung sensitif dan memerlukan cara khusus untuk perawatannya. Setiap tanaman hias memiliki caranya tersendiri dalam penyiraman dan ini harus anda perhatikan dengan baik.

Pada dasarnya tanaman menyerap air dengan dua cara, bisa kita terapkan dengan menyemprot bagian daun, dan juga langsaung di siramkan kedalam tanah. Air akan diserap dengan sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiraman yang berbeda-beda. Penyiraman yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 10, atau pada saat sore hari.

Berikan tanaman Anda banyak cahaya
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan tanaman dalam ruangan yang Anda miliki mendapatkan cukup cahaya. Anda dapat meletakkan tanaman dalam ruangan Anda di atas meja sudut di ruang keluarga Anda agar nampak cantik, namun jika letaknya terlalu jauh dari jendela, tanaman mungkin tidak dapat bertahan hidup lama. Cari tahu mengenai banyaknya cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman-tanaman tertentu, kemudian pindahkan tanaman tersebut ke tempat yang sesuai agar tanaman mendapatkan cahaya yang cukup. Tidak semua tumbuhan bisa bertahan hidup di ruangan yang memiliki pencahayaan minim. Beberapa tumbuhan tersebut akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang terbuka untuk dapat melangsungkan proses fotosintesis. Jika Anda ingin menaruh tanaman di dalam rumah, usahakan Anda mengeluarkannya sebentar ketika pagi hari.

Pemupukan 
Setiap tanaman membutuhkan unsur hara yang berbeda-beda antara jenis tanaman satu dengan yang lain maka dosis pemberian pupuk pun berbeda-beda. Sesuaikan pemberian pupuk menurut dosis yang telah ditentukan pada kemasan pupuk yang ada.

Semua tanaman membutuhkan nutrisi untuk kebutuhan hidup mereka, namun pemberian pupuk pada tanaman hias sangat – sangat mudah sekali, kita bisa menggunakan pupuk daun contohnya untuk cara nya kita cukup melarutkan pupuk daun ke dalam wadah penyemprot dan kemudian kita semprotkan dibagian daunnya.Usahakan satu bulan sekali diberi pupuk NPK.


Kelembaban Tanaman Hias
Terkait dengan penyiraman yang anda lakukan, anda juga harus memperhatikan kondisi tanah dan udara di sekitar  tanaman hias anda. Untuk mengetahui apakah tingkat kelembaban pada tanaman hias anda telah cukup, anda dapat memperhatikan warna serta tekstur yang ada pada tanaman hias anda. Jika anda melihat daun yang agak layu dengan warna kecoklatan ataupun kekuningan, ini artinya tingkat kelembaban udara dan tanah pada tanaman hias anda tidak mencukupi.

Hama
Tanaman hias tidak terlepas dari gangguan hama. Usahakan letakkan tanaman di tempat yang aman. Lakukan tindakan pengendalian secara alami terlebih dahulu dengan membuang hama-hama seperti ulat, kumbang, semut, atau rayap yang dijumpai di sekitar tanaman.

Pemangkasan
Manfaat pemangkasan bagi tanaman hias sangat banyak sekali dampaknya, diantaranya yaitu: Agar cabang tanaman beraturan sehingga mempercantik penampilan tanaman. Pertumbuhan batang dan bunga akan terlihat kompak. Dapat memicu munculnya bunga-bunga baru sehingga meningkatkan pesona tanaman. Agar terhindar dari hama dan penyakit, karena dapat memutus siklus hama. 

Penyiangan dan Kebersihan Tanaman Hias
Sama halnya ketika anda menanam berbagai jenis, anda juga harus melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihan pada tanaman hias agar terlihat lebih indah. Untuk penyiangan yang dilakukan pada tanaman hias berbeda dengan ppenyiangan yang anda lakukan jika menanam tanaman jenis lain.

Untuk itu berikut adalah penjelasan mengenai langkah penyiangan dan kebersihan cara merawat tanaman hias tanaman hias :

Penyiangan pada tanaman hias harus dilakukan setiap saat ketika ada daun tanaman yang sudah mulai layu dan menguning.
Anda dianjurkan untuk sesering mungkin memperhatikan tanaman hias anda. Perhatikanlah di sekitar lahan tanam ataupun tanah pada pot, cabutlah rumput liar ataupun gulma yang tumbuh di tanah tanaman hias anda.
Untuk mencabutnya usahakan agar pencabutan tidak merusak tanaman.  Anda juga diharuskan untuk membersihkan daun- daun yang menguning dan kering, dengan membersihkan daun- daun ini maka tanaman hias anda akan lebih terhindar dari berbagai macam hama dan penyakit.

Untuk membersihkan daun-daun yang menguning, disarankan anda menggunakan alat gunting tanaman agar bentuk serta tekstur tanaman tidak rusak dan pertumbuhannya juga tidak terganggu. Nah, itu tadi adalah hal-hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga kesuburan dan keindahan tanaman hias anda. Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur