Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah


Ketika anda berencana untuk membangun sebuah rumah, pasti hal yang pertama kali anda pikirkan adalah berapa biaya membangun rumah. Merenovasi sebuah rumah memang sering kali dilakukan. Penyebabnya bisa jadi karena rumah terlalu tua dan membutuhkan perombakan atau juga karena adanya penambahan anggota keluarga sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar. 
Menghitung biaya membangun rumah bukanlah perkara yang sulit sebenarnya hanya saja perlu ketelitian dan informasi terupdate mengenai harga-harga bahan bangunan. Apalagi saat kondisi tidak menentu seperti sekarang ini, bahan bangunan adalah barang yang harganya selalu fluktuaktif dan tidak menentu, sehingga anda perlu benar-benar tahu kondisi harga saat itu.
Benar adanya apabila merenovasi rumah sering kali kita terkena resiko pemborosan sehingga jadi tekor, namun dengan tips simple alias sederhana kita dapat berhemat hingga jutaan rupiah. dan mungkin orang tua atau saudara Anda kaget ketika mempertanyakan berapa puluh juta yang dihabiskan untuk perbaikan rumah, sedangkan Anda bilang ke mereka biayanya tidak sampai 10 juta rupiah.
Dalam suatu proyek Pembangunan Rumah atau Tempat Tinggal, pemilik bangunan umumnya menghendaki pengeluaran biaya yang sehemat mungkin, tetapi dapat memperoleh rumah tinggal dengan kualitas tinggi dan sesuai yang di harapkan. Biaya atau dana berperan sangat penting dalam suatu proyek pembangunan rumah.
Jika Anda termasuk orang yang detail, merancang rancangan anggaran biaya (RAB) bisa jadi tantangan sendiri. Terlebih Anda sangat menyukai desain atau pekerjaan yang berkaitan dengan membangun rumah. Dengan menghitung RAB renovasi, setidaknya kita mendapat gambaran berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan. Komponen yang ada dalam RAB seperti biaya pekerjaan persiapan, biaya pekerjaan struktur, biaya pekerjaan arsitektur, dan biaya pekerjaan mekanikal-elektrikal.



Baca Juga :
-         Akibat Toilet Kotor

Berikut ini adalah cara membuat rencana anggaran biaya renovasi rumah yang bisa anda lakukan:

Model Rumah
Nah, kadang orang suka mengabaikan hal ini, orang lebih suka menyerahkan kepada ahlinya. Padahal model rumah dan rancangan rumah sangat menentukan dalam perhitungan anggaran untuk membangun rumah. Rumah dengan ukuran yang sama namun modelnya berbeda pasti membutuhkan biaya yang berbeda. Semakin banyak ruang dalam rumah akan semakin menambah biaya rumah. Semakin detail dalam membuat rumah, akan semakin menambah biaya rumah.

Tentukan Bagian Rumah Yang Direnovasi
Ingat bahwa setiap bagian atau ruangan rumah type 36 mempunyai biaya yang berbeda dalam pengerjaannya semisal renovasi dapur akan lebih mahal dibandingkan dengan kamar tidur karena dapur mempunyai banyak hal yang akan dirubah mulai dari pemberian keramik pada dinding dan lantai, pembuatan tempat memasak dari semen cor, angin-angin udara atau ventilasi dan lainnya.

Estimasi Biaya Kasar
Yaitu penaksiran biaya secara global dan menyeluruh yang dilakukan sebelum rancangan bangunan dibuat.
Teknik menghitung RAB renovasi rumah dengan estimasi biaya terperinci dilakukan dengan cara mengumpulkan data volume dari tiap-tiap elemen pekerjaan renovasi yang akan dilaksanakan. Setelah itu, kalikan dengan harga satuan yang disusun berdasarkan kombinasi komponen harga material, upah serta biaya pendukung lainnya.
Dengan cara ini, nilai total biaya renovasi dirasa lebih akurat karena memang hitungannya pun dilakukan terperinci dari setiap item pekerjaan seperti bahan-bahan dalam membangun rumah atau jenis-jenis atap rumah yang digunakan. Selain itu, dalam estimasi biaya terperinci Anda dapat menemukan perkiraan biaya tidak terduga (overhead cost) dan juga biaya untuk jasa pemborong atau kontraktor. Besarnya biasanya berkisar antara 10 s/d 15 %.
Jika dibandingkan antara kedua cara tersebut, memang menghitung dengan estimasi biaya terperinci terlihat lebih menjanjikan dan terpercaya. Jika Anda tidak mau main-main dan menghindari kesalahan, cara inilah yang sebaiknya Anda gunakan untuk melakukan renovasi rumah. Maksimalkanlah renovasi yang Anda lakukan dengan menggunakan metode yang tepat untuk berbagi jenis-jenis rumah tinggal.Demikianlah cara menghitung biaya renovasi rumah. 
Dana Pembelian Material Bangunan
Biaya membeli bahan bangunan adalah biaya yang tertinggi dalam renovasi rumah type 36 pada tahun 2016. Semisal apabila Anda ingin renovasi teras rumah minimalis maka mempersiapkan dana semisal :

·  7 sak Semen = 7 x Rp.65.000 = Rp.455.000
·  Pasir 2 Pick Up = 2 x Rp.190.000 = Rp.380.000
·  Gamping 2 sak = 2x Rp.180.000 = Rp.380.000
·  Batu Kali 1 pick up = Rp.170.000
·  Batu bata 1000 buah = 1000 x Rp.400 = Rp.400.000
·  Keramik lantai 6 dos = 6 x Rp.55.000 = Rp.330.000
Jadi hasil dari contoh cara menghitung biaya renovasi rumah type 36 pada teras rumah adalah Rp.2.115.000. Dan ditambah dengan total pengerjaan 7 hari = Rp.910.0000 adalah Rp.3.025.000.
Tukang atau Tenaga Ahli
Biaya tukang untuk membangun rumah adalah mutlak dan biaya ini menjadi komponen terbesar mungkin. Karena jarang ada rumah yang jadi dalam waktu seminggu, biasanya butuh beberapa bulan untuk menjadi sebuah rumah yang siap huni.



Hal lain yang harus anda perhatikan adalah menghitung biaya bangun & renovasi rumah secara detail karena akan lebih akurat dan cenderung hemat.
Cara Menghitung Biaya Bangun & Renovasi Rumah pada umumnya dibuat berdasarkan 5 hal pokok, yaitu:
Taksiran biaya bahan-bahan, Harga bahan-bahan yang dipakai biasanya harga bahan-bahan di tempat pekerjaan, jadi sudah termasuk biaya transportasi atau angkutan, biaya bongkar muat.
Taksiran biaya pekerja. Biaya pekerja sangat dipengaruhi oleh: panjangnya jam kerja, keadaan tempat pekerjaan, ketrampilan dan keahlian pekerja yang bersangkutan terutama dalam hal upah pekerja.
Taksiran biaya peralatan, Biaya peralatan yang diperlukan untuk suatu jenis konstruksi haruslah termasuk didalamnya biaya pembuatan bangunan-bangunan sementara (bedeng), mesin-mesin, dan alat-alat tangan.
Taksiran biaya tak terduga atau overhead cost, Biaya tak terduga biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu: biaya tak terduga umum dan biaya tak terduga proyek.
Taksiran Keuntungan atau Profit, Biaya keuntungan untuk pemborong atau kontraktor dinyatakan dengan prosentase dari jumlah biaya total yang berkisar antara 8-15%.
Nah, semoga artikelini dapat bermanfaat untuk anda jika anda memiliki rencana untuk merenovasi rumah anda sesuai keinginan anda. Dan tentunya anda pun bisa secara terperinci dapat mengetahui seberapa besar biaya yang anda perlukan untuk merenovasinya. (KLIK DISINI info Pembersih Keramik dan Jamur yang Ampuh)

Baca Juga :
-         Cara Mengatasi Toilet Mampet
-         Jenis Alergi Pada Anak




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur