Tips Membersihkan dan Merawat Alat Masak


Peralatan memasak merupakan salah satu aset terpenting bagi para ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, agar peralatan memasak tersebut dapat terus digunakan dengan baik dan memiliki usia yang panjang, maka perawatan yang benar pun perlu dilakukan. Karena peralatan masak memiliki berbagai jenis dan beragam bahan dasar, maka kita pun tak dapat memberinya perawatan dengan perlakuan yang sama. 

Alat memasak merupakan peralatan yang sangat penting dan harus ada di dalam setip rumah, karena tanpa alat-alat memasak maka kita akan sangat susah atau kerepotan ketika hendak menyediakan sarapan, makan siang maupun makan malam.
Menjaga kebersihan dan merawat peralatan dapur adalah hal yang penting untuk dilakukan. Nah, berikut tips cerdas dan bermanfaat yang bisa anda lakukan ketika membersihkan atau merawat alat-alat di dapur.

Mixer atau blender

Jika anda sudah menggunakan mixer atau blender seperti gelas atau wadah, sendok pemutar serta bagian-bagian lainnya, maka anda bisa langsung mencucinya sampai bersih. Sedangkan untuk blender atau mixernya anda cukup menglapnya dengan menggunakan tissue basah atau lap basah sampai bersih. Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap kering.

Talenan

Setelah talenan digunakan untuk alas memotong daging, ayam atau ikan, maka segera mungkin oleskan jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel. Setelah itu, anda bisa langsung menyiram talenan dengan menggunakan air panas. Baru anda bisa mencucinya seperti biasa sampai benar-benar bersih. Kemudian, simpan di tempat yang kering.

Pisau

Jika anda ingin pisau tetap awet dan terus tajam, maka setelah digunakan segeralah cuci hingga bersih. Lalu setelah itu, lap dengan menggunakan tissue atau handuk sampai benar-benar kering. Letakan kembali pisau yang sudah digunakan pada tempat khusus untuk menyimpannya.

Kompor gas

Setelah digunakan untuk memasak, maka anda harus langsung membersihkan kompor, terlebih lagi untuk sisa minyak yang menempel serta remah-remah  makanan yang ada pada lubang api. Sedangkan untuk sisa atau bekas cipratan minyak, anda bisa menaburkan tepug, lalu setelah itu menglapnya sampai benar-benar bersih.

Wajan atau pan

Jika wajan yang akan anda gunakan untuk memasak masih dalam keadaan baru, maka anda bisa mengoleskan minyak goreng pada bagian bawahnya agar wajan tidak mudah berkerak serta warna aslinya terlindungi. Hindari merendam wajan atau pan setelah digunakan, akan lebih baik jika anda langsung mencucinya sampai benar-benar bersih. Jika wajan digunakan untuk memasak bahan makanan atau bumbu yang pekat dan amis, maka anda bisa menyiramnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Jika sudah bersih, lap wajan tersebut dan simpan di tempat yang tergantung.

Panci

Cara membersihkan dan merawat panci pada dasarnya sangat mudah, dimana ketika sudah dipakai anda harus langsung mencucinya sampai bersih. Ketika memasak dengan menggunakan panci, akan lebih baiknya jika anda menggunakan api sedang agar panci tidak gosong atau berkerak. Namun, jika anda mendapati panci dalam keadaan gosong atau berkerak, maka anda bisa membersihkannya dengan cara: Siapkan baking soda dan air secukupnya, lalu campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, oleskan campuran ini secara merata pada panci yang gosong maupun berkerak. Diamkan beberapa menit, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya sampai bersih.
Peralatan memasak merupakan salah satu aset terpenting bagi para ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, agar peralatan memasak tersebut dapat terus digunakan dengan baik dan memiliki usia yang panjang, maka perawatan yang benar pun perlu dilakukan. Karena peralatan masak memiliki berbagai jenis dan beragam bahan dasar, maka kita pun tak dapat memberinya perawatan dengan perlakuan yang sama. Misalnya bahan logam, stainless stell,plastic, dan kaca. Nah, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Baca Juga :
-         Akibat Toilet Kotor

Peralatan Masak Dari Logam/ stainless stell

Setelah selesai mencuci alat masak berbahan stainless stell, maka pastikanlah bahwa anda mengeringkannya terlebih dahulu sebelum disimpan. Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan lap bersih. Sebelum anda memakai alat masak tersebut, maka alangkah baiknya jika anda mencucinya terlebih dahulu dengan mengunakn air hangat dan cuka. Hal ini bertujuan agar bakteri yang menempel pada alat masak tersebut hilang. Setelah itu, anda bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih dan sedikit sabun. Ketika menyimpan alat masak ini, maka anda harus menyimpannya di tempat yang baik dan benar. Tempat yang sejuk dan bebas debu merupakan tempat yang sangat dianjurkan untuk menyimpannya. Agar alat masak tetap mengkilap dan nampak seperti baru lagi, maka cobalah untuk teteskan cuka dapur pada permukaan alat memasak tersebut. Lalu gosok pelan-pelan dengan menggunakan kain lembut.

Peralatan Masak Dari Plastik
Peralatan masak yang terbuat dari plastik seperti tempat makan dan minum tak pernah luput dari bau. Oleh sebab itu, guna membuatnya tetap wangi dan terawat, maka Anda dapat merendam peralatan masak Anda tersebut menggunakan air panas selama kurang lebih 30 menit. Setelah merendamnya, maka Anda dapat mencucinya menggunakan air dan sabun pencuci piring yang memiliki aroma wangi guna mengembalikan kesegaran peralatan masak Anda. Setelah dicuci, maka Anda dapat mengeringkannya dan menyimpannya kembali.
Jika alat yang satu ini terkena minyak atau noda, cara membersihkannya cukup direndam dengan air panas, setelah itu dicuci dengan sabun pencuci piring lalu bilas dengan air.



Peralatan Masak Dari Kaca
Biasanya, alat masak yang terbuat dari kaca harus benar-benar diperhatikan cara penyimpanannya. Biasanya, alat masak yang terbuat dari kaca harus disimpan dengan cara dibungkus menggunakan koran atau bantalan agar terhindar dari yang namanya pecah. Membungkus alat masak yang terbuat dari kaca juga dapat membuat warnanya tetap mengkilat seperti pertama kali dibeli dari toko.

Peralatan Masak Dari Kayu
Peralatan dari kayu. Cara merawat alat ini yaitu dengan mengoleskan minyak goreng, kemudian cuci dengan sabun dan air. Bisa juga direndam dengan air panas jika bau apek.

Semoga tips ini bermanfaat, selamat mencoba! 

Baca Juga :
-         Cara Mengatasi Toilet Mampet
-         Jenis Alergi Pada Anak


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Toilet Kotor

Cara Membersihkan Jamur/Kerak Keramik Dinding Kamar Mandi

Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur